Custom Search

Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya

Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya

Ini adalah sebuah tips dan triks bagi teman - teman yang tidak mempunyai bekal ilmu kelistrikan atau elektronik menemui masalah kipas angin atau exhaust fan di rumah anda putaran motornya sangat lambat atau melemah, dua minggu yang lalu saya menemukan masalah seperti ini setelah tanya beberapa teman apa saja fungsi komponen pada exhaust fan dan kipas angin yang berhubungan dengan putaran akhirnya berhasil juga.

Tanpa berbekal kelistrikan yang cukup saya coba mengganti salah satu komponen yang terdapat pada exhaust fan tersebut dan tanpa diduga ternyata tips dan triks ini memuaskan dan berhasil, ini tidak terlepas dari bantuan teman - teman.

Sungguh senang rasanya exaust fan saya yang selama ini berputar sangat lambat bisa sekencang pada saat pertama saya membelinya.

Salah satu komponen yang saya ganti tersebut adalah sebuah Capasitor yang fungsinya sebagai penyimpan muatan listrik, jika sudah rusak atau lemah tentunya tidak akan berfungsi dengan baik sehingga muatan listrik yang di supply akan berkurang tentunya.

Bagaiman cara mengganti capasitor kipas angin atau exhaust fan tersebut :
1. Lepas tutup kipas angin atau  exhaust fan sehingga Capasitornya bisa terlihat contoh seperti pada gambar di bawah ini :



2. Capasitor pada exhaust fan terletak di samping saklar berbentuk persegi panjang warna hitam dengan dua kaki. Lihat contoh pada gambar di bawah ini :




3. Capasitor pada kipas angin terletak di belakang motor dan terlihat sama bentuknya seperti pada exhaust. Lihat pada gambar dibawah ini :



4. Cara melepasnya sangat mudah lepaskan kedua isolator ( biasanya pakai isolator ulir ) dengan memutar ke sebelah kiri dan jangan lupa diingat terlebih dahulu pemasangannya agar tidak salah pasang saat mengganti dengan yang baru.



5. Belilah capasitor yang baru yang sesuai dengan type yang dipakai di toko-toko alat elektronik terdekat dan harganya cukup murah. Lihat contoh gambar Capasitor yang saya ganti pada exhaust fan :



Dengan tips dan triks cara memperbaiki kipas angin atau exhaust yang lemah atau lambat putaran motornya ini semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.  



0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa