Cara mendaftarkan blog di alexa

Cara mendaftarkan blog di alexa atau cara verifikasi blog di alexa
Free traffic metric, search analytics, demographics, and more for websites…. Layanan traffic alexa ini gratis dan kita bisa mendapatkan informasi ranking blog kita serta informasi yang lainnya juga menjadi mentor di alexa.
Untuk mendapatkan widget alexa ini anda harus membuat akun alexa terlebih dahulu, mendapatkan widget alexa tanpa akunpun bisa namun blog anda tidak mempunyai data dan tampilan widget alexa akan berlabel ‘No data‘ jadi anda harus mempunyai akun alexa gratis.

Dibawah ini  saya tuliskan 15 poin bagaimana Cara mendaftarkan blog di alexa atau cara verifikasi blog di alexa :
1. Silahkan kunjungi alexa.com klik banner button dibawah ini :

Review http://kanqds.blogspot.com on alexa.com


2. Pada home page klik ’Register’ yang berada sebelah kanan atas kemudian buat akun alexa dengan mengisi data akun anda ‘Register for an Account’ :
Email                            : Isi alamat email anda
Nickname                     : Isi nama panggilan atau username anda
Full name                      : Isi nama lengkap anda
Country                        : Pilih Negara anda pada menu drop down
Kemudian klik ‘Register
 Lihat gambar di bawah ini :


3. Muncul ucapan terimakasih dari alexa ‘Thank You…’ dan anda diminta untuk membuka email dari alexa tanpa menutup halaman alexa buka Tab baru dan  silahkan klik ‘link konfirmasi’ di email anda. Lihat contoh Link konfirmasi di email anda :


4. Kemudian anda diminta membuat password silahkan isikan password minimal 6 karakter dan kemudian masukkan kembali password anda pada koom kedua dan klik ‘Submit Password’ lihat gambar di bawah ini :


5. Kemudian Anda akan langsung di bawa ke halaman  Site Tool > Edit Your Site Listing silahkan anda masukkan url blog anda pada kolom yang tersedia lalu klik ‘Edit site listing’ lihat gambar di bawah ini :


6. Pada Edit Your Site Listing anda diminta untuk memilih cara verifikasi blog anda, saya sarankan pilih no 1 yaitu claim my site dan klik ‘Claim my site’ Lihat gambar di bawah ini :


7. Pada Claim Your Site ada dua pilihan verifikasi saya sarankan pilih no 2 yaitu ‘Add this Meta Tag to the home page’, cara ini yang termudah. Lihat gambar di bawah ini :


8. Sebelum anda klik ‘Verify my meta tag’ silahkan copypaste terlebih dahulu code meta tag yang terlihat (saya tandai warna biru) yang kemudian paste di blogspot anda, Buka tab baru tanpa menutup halaman alexa. Login ke blogger.com dengan akun anda pada dashboard klik ‘Rancangan > Edit HTML
Pada Edit Template tandai dengan centang pada 'Expand Template Widget' kemudian cari kode <HEAD> lalu paste kode meta tag alexa setelah kode <HEAD> dan sebelum kode </HEAD> lalu klik ‘Simpan Template’ lihat gambar di bawah ini :


9. Setelah selesai menempatkan kode meta tag di blog, Silahkan Anda kembali ke halaman alexa  dan silahkan klik ‘Verify my meta tag’. Jika sukses dan benar muncul ucapan dari alexa ‘Thanks,…has been verified now you can…’ kemudian klik ‘Edit Your Site Listing’ Lihat gambar di bawah ini :


10. Pada halaman ini terlihat url blog anda yang sudah ter-verifikasi untuk melengkapi data blog anda silahkan klik ‘Edit Info’. Lihat gambar di bawah ini :


11. Edit info agar alexa bisa menampilkan data blog anda secara lengkap. Silahkan isi data blog anda :
Site Title                       : Isi judul blog anda
Site Description            : Isi deskripsi blog anda
Site Owner                   : Isi nama pemilik blog dst..dst
Setelah selesai klik ‘Submit’ Lihat gambar di bawah ini :


Selesai  Cara mendaftarkan blog di alexa atau Cara verifikasi blog di alexa ini dan sekarang anda tinggal copypaste widget traffic alexa yang nanti akan anda tempatkan di sidebar blogspot anda.

12. Untuk mendapatkan Widget traffic alexa silahkan anda klik ‘Site Tool’ dilanjutkan klik ‘Alexa Site Widget’ pada bagian bawah. Lihat gambar di bawah ini :

 
13. Kemudian anda akan melihat menu Traffic Widgets-Review Widgets-Alexa Logos silahkan klik ‘Traffic Widget’ masukkan url blog anda pada kolom yang tersedia lalu klik ‘Build Widget’ Lihat gambar di bawah ini :


14. Muncul code traffic widget alexa dengan tampilannya ada 3  widget pilihan silahkan pilih salah satu Button 120x95, Vertical Banner 120x240, Banner 468x60 copypaste code widget-nya. Lihat gambar di bawah ini :


15. Untuk mendapatkan kode Review Widget sama seperti traffic widget caranya, Review Widget ini adalah link alexa  di blog anda jika ada pengunjung yang ingin mengunjungi alexa tinggal klik Banner atau button widgetnya di blog anda, selesai silahkan ‘Log Out’ dari alexa.com, ingat jika anda ingin merubah kembali tampilan widget, info blog silahkan logindengan email dan password anda.

Dengan tips dan triks Cara mendaftarkan blog di alexa atau cara verifikasi blog di alexa.com mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.






Post a Comment

0 Comments