Custom Search

UV Sterilisator Berbasis Mikrokontroller AT89S51

Ini Hanya Sekilas Tentang Tugas Akhir, No Assembly Listing And Comment


Cara Kerja Rangkaian

  • Sensor suhu (LM 35) masuk ke rangkaian penguat non inverting agar tegangan yang dihasilkan menjadi lebih besar karena masuk ke rangkaian ADC. Apabila tegangan pada output LM35 sangat kecil maka perlu dikuatkan. Jika tidak dikuatkan, maka output ADC 0804 akan berlogika nol (0). Output penguat masuk ke inputan ADC untuk merubah data analog menjadi data digital yang nantinya masuk ke Mikrokontroller AT89S51.
  • Sebelum melakukan proses sterilisasi, pilih apakah akan menggunakan heater saja, lampu UV saja, atau menggunakan kedua-duanya. Kemudian setting timer sesuai dengan kebutuhan, lalu setting suhu ruang apabila proses sterilisasi menggunakan heater. Jika tidak, maka tidak akan muncul setting suhu. Proses pemilihan dan penyettingan dilakukan dengan cara menekan tombol pada Keypad 4 x 4 kemudian ditampilkan pada LCD. Pada saat ini Mikrokontroller Port 1.1 dan 1.2 berlogika satu sehingga heater tidak bekerja dan lampu UV akan mati, begitu pula pada P 1.0. berlogika satu sehingga blower juga tidak bekerja.
  • Jika proses sterilisasi hanya ingin menggunakan UV saja, maka blower dan heater akan mati. Tetapi jika menggunakan heater, maka lampu UV akan mati dan blower tetap bekerja. Jika menggunakan keduanya, maka blower akan tetap bekerja.
  • RTC (Real Time Clock) yaitu IC DS 1307 berfungi untuk menyimpan data setting timer yang telah diatur, kemudian memberikan ketepatan pada saat counting down timer (menghitung mundur). Untuk mengontrol IC ini tidak perlu menggunakan data bus lagi tetapi hanya mengontrol Serial Data (SDA) dan Serial Clock (SCL) saja.
  • Port data pada ADC masuk ke Port 2 pada mikrokontroller AT89S51 sedangkan Write pada ADC ke Port P1.5. Pada LCD yang masuk ke Mikrokontroller yang digunakan sebagai data yaitu pada Port 0. Untuk Enable dikontrol oleh P1.3, sedangkan untuk RSnya dikontrol oleh P1.4. Mikrokontroller.

Materi Yang Dapat Didownload :

- Gambar Rangkaian (doc file)



0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa