Custom Search

Pesawat Fisioteraphy Osteoporosis dengan UV


Cara kerja rangkaian:

Tegangan dari PLN masuk ke rangkaian, di turunkan dan di searahkan menjadi +5 volt dan +12 volt, yang nantinya untuk menyuplai tegangan ke seluruh rangkaian. IC Mikrokontroler AT89S51 merupakan control unit dari seluruh rangkaian yang dapat diatur programnya sesuai dengan kebutuhan. Inputan dari rangkaian ini berasal dari tombol push button yang mengatur jalannya proses teraphy Osteoporosis. Selain itu juga berasal dari Real Time Clock ( RTC ) yang dapat mengatur lamanya proses therapy ( Setting Timer ) dan untuk menyimpan data Hourmeter , yang dapat disimpan dan dilihat kembali meskipun supplay tegangan pada IC ini telah dihentikan.

Jika Tombol setting ditekan, maka IC Mikrokontroler akan memberikan Instruksi kepada RTC untuk menyimpan data setting timer yang telah dilakukan. Kemudian itampilkan pada LCD. Ketig lampu UV ini dapat diatur berapa lama msing-masing lampu yang digunakan untuk therapy, sehingga datanya dapat disimpan pada hourmeter.

Tombol Start ditekan untuk menjalankan Proses Teraphy Osteoporosis menggunakan lampu UV. Pada saat ini terjadi Proses Counting down timer sehingga waktu settingan akan berjalan mundur. Pada saat itu output driver IC ULN 2003 yang menggerakkan relay untuk lampu UV akan menghasilkan logika Nol (0) sehingga relay bekerja dan lampu UV menyala. Seangkan output pada driver buzzer berlogika satu (1), sehingga buzzer tidak akan menyala.

Ketika proses teraphy telah selesai, maka output pada driver yang menggerakkan lampu UV akan menghasilkan logika satu (1) sehingga relay tidak bekerja dan lampu UV akan mati. Tetapi output pada driver yang akan menyalakan Buzzer menghasilkan logika nol (0) dan Buzzer akan berbunyi. Selama proses teraphy berlangsung sampai selesai dan menyimpannya di dalam Hourmeter dapat dilihat pada display LCD.

Apabila tabung lampu teleh memenuhi masa life timenya yaitu selama 200 jam, atau jika lampu UV tersebut telah putus, maka lampu UV harus diganti dengan yang baru. Pada saat setelah penggantian lampu UV, maka disertai dengan menekan tombol RHM ( Reset Hourmeter) yaitu untuk menghapus data waktu yang telah disimpan sehingga Hourmeter akan kembali ke angka 00.00.


Materi Yang Dapat Didownload :

- Rangkaian Fisiotheraphy dgn UV (doc file)






0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa