Custom Search

Cara membuat posting atau entri pada blogspot

Cara membuat posting atau entri pada blogspot
Special untuk para pemula yang baru saja membuat akun blogger, bagaimana cara membuat posting atau entri pada blogspot, pada dasarnya hampir sama dengan membuat tulisan pada Microsoft word dan sebagian tool bar nya juga hampir sama namun tidak selengkap Microsoft word.

Berikut ini saya tuliskan beberapa langkah Cara membuat posting atau entri pada blogspot dengan keterangan gambar screen shoot agar anda lebih mudah mengenalnya :
1. Siapkan artikel atau tulisan anda di Microsoft word seperti contoh pada screen shoot di bawah ini : 


2. Silahkan login ke blogger dengan akun anda, pada dasbor klik ‘Entri Baru’ kemudian akan terlihat halaman Entri nah disinalah anda akan membuat tulisan yang akan anda publikasikan. Lihat contoh halaman entri pada screen shoot dibawah ini :

 
3. Kemudian silahkan anda isi lengkap  :
  • Judul                : Isi dengan judul artikel anda
  • Tautan              : Kosongkan saja dulu
Di bawah Judul dan Tautan ada kolom konten untuk artikel anda sebelum anda paste artikel nya lihat pada sebelah kanan terlihat ada tulisan ‘Edit HTML dan Compose’ ini adalah dua mode yang harus anda pilih berfungsi untuk : 
  • Edit HTML mode – Silahkan pilih atau klik ‘Edit HTML’ Jika anda mau menampilkan jenis gambar, foto link url dengan memakai kode script atau HTML
  • Compose mode – Silahkan pilih atau klik ‘Compose’ Jika anda ingin membuat tulisan berupa text biasa atau menyisipkan gambar, foto, text link dll tanpa memakai kode script atau html atau kebalikan dari Edit html mode.
  • Silahkan pilih klik 'Compose' mode :
    • Kemudian copy dan paste artikel yang sudah anda siapkan tadi di Microsoft word paste pada kolom konten Entri.

    3. Gunakan tool bar editor yang berada di atas postingan sesuai fungsinya contoh jika anda ingin memperbaiki paragraph, membuat garis miring, menebalkan huruf, menyisipkan gambar, membuat text link dan lain-lain.

    4. Membuat label artikel lihat sebelah kiri di bawah posting atau entri ada kolom label silahkan isi sesuai jenis artikel misalnya say beri contoh : tips blogging kemudian tambah Lokasi sebelah kanan label klik ’Tambah’ pilih Negara anda pada menu drop down▼. Lihat contoh label dan lokasi pada screen shoot dibawah ini :


    5. Klik ‘Post Option’ ini adalah pengaturan posting atau entri silahkan tandai render button disampingnya lihat contoh pilihan dibawah ini :
    • Komentar Pembaca – Pilih Izinkan
    • Edit pemutus Baris HTML – Pilih Tekan ‘Enter’ untuk pemutus baris
    • Tautbalik – Pilih Izinkan
    • Setelan Tulis – Pilih Tunjukkan HTML apa adanya
    • Post tanggal dan waktu – Pilih Otomatis
    6. Langkah terakhir jika semua sudah komplit anda melihat ulang tulisan anda silahkan klik ‘Pratinjau’ maka akan terlihat hasil tulisan anda, amati jika ada yang terlewatkan tulisan, gambar atau yang lainnya. Setelah puas dengan tulisan anda melalui pratinjau atau preview klik ‘Terbitkan Entri’ selesai. Maka tulisan anda akan di baca seluruh dunia yang melihat blog anda. Selamat mencoba.

    Dengan tips dan triks Cara membuat posting atau entri pada blogspot ini semoga bisa membantu anda yang baru mulai nge-blog.

    0 comments:

    Post a Comment

    Informasi Pilihan Identitas:
    Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
    Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
    Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

    Artikel yang serupa