Custom Search

JANGAN LUPA FREQUENCY COUNTER

Dalam perbaikan Hp Alat ini digunakan untuk mengecek signal komponen kristal 32,768KHz, 13Mhz, dan 26 Mhz.




Pergunakan buku jalur sebagai panduan, sehingga terlihat jelas frequency yang dihasilkan masing-masing komponen kristal. Atau bisa juga menggunakan ebook nokia service manual atau nokia skematik yg saya sertakan pada CD pembelajaran.
Sebelum mulai mengukur tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi dari tombol yang terdapat pada frequency counter.
Mungkin agak berbeda jumlah tombol pada masing-masing frequency counter dari berbagai merk dan type yang beredar tapi intinya memuat hal berikut:

On/Of : untuk menghidupkan/mematikan alat
Gate : mengatur waktu terbentuknya gelombang dalam 1/10 detik, 1 detik, atau 10 detik.
Range/selector : mengatur rentang frekuensi yang diukur biasanya sebagai berikut :
Ch 0 --> frekuensi 30MHz-2,4GHz
Ch 1 --> frekuensi 1MHz-30MHz (gunakan pilihan ini untuk ukur kristal 13 dan 26MHz)
Ch 2 --> frekuensi 100KHz-1MHz ( pilihan ini untuk pegukuran kristal 32,768KHz)
Ch 3 --> Counter (untuk pengukuran komponen yg tidak jelas nilai standarnya)

Function/enter : memulai pengukuran
Rest : mempause tampilan untuk pembacaan
Reset : mereset hitungan pada layar ke posisi awal "nol"

Bagi yang memiliki atau mau membeli FC merk sunko silahkan download cara pemakaian
DISINI

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam pengukuran, terlabih dahulu PCB Hp di supply dengan daya sesuai besaran voltase battery yang digunakannya. Setelah itu baru probe frequency counter yang berupa capit dihubungkan ke ground PCB ponsel dan probe satu lagi diletakkan pada titik tes poin terhadap kristal/komponen yang akan diukur frekuensinya.

4 comments:

  1. Harga Frequency Counter mulai dari 300rb yang pernah saya temui.ya tergantung merk aja si..saya gak jual loh. merk Sunko yang saya sebutkan didepan 350rb (bukan yang digambar)

    ReplyDelete
  2. makasih bos...!!!
    nambah ilmu nih...!!!

    ReplyDelete
  3. Mantap gan,, mohon dilengkapi dengan gambar cara pemasangan alat pada ponselnya,hehe terimakasih

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa