Custom Search

Multimeter = Multitester


Ada yang bertanya pada saya saat dia sedang mencari data referensi tentang multitester. Padahal di blog ini sudah ada artikel tentang hal yang bernada sama. Kalau saya ditanyain lagi, saya ya jadi bingung.

Multitester = multimeter lho. Nah ada dua pilihan kalau kita beli ke took elektronik. Ada yang analog dan ada pula digital. Ohmmeter, voltmeter dan amperemeter semuanya sudah tergabung dalam multimeter, dengan batasan-batasan pengukuran tertentu. Itu semua tergantung keperluan dan kebutuhan kita sendiri. Lain merk, lain fitur, lain fasilitas dan lain juga hasil dari pengukuran multimeter untuk mendekati kebenaran. Semakin bagus merk dan kualitas dari multimeter maka akan lebih bagus lagi hasil dari pengukuran. Tetapi kalau untuk test komponen tidak perlu membeli multimeter yang muluk-muluk.

Untuk perawatan, kita hanya perlu menyediakan sekering ataupun baterai yang 9 V dan 2 buah baterai 1,5 V untuk multimeter jenis analog, kita ganti apabila daya baterai telah habis ataupun sekering yang putus karena suatu hal. Sedangkan untuk multimeter/ multitester digital, kita cukup menyediakan baterai sesuai dengan jenis baterainya. Biasanya baterainya berbentuk bulat dengan daya 3 V. Untuk perawatan probe, kita dapat menyoldernya apabila putus. Lebih hemat daripada beli lagi.

Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa