Custom Search

LCD Handphone

LCD (Liquid Crystal Display) adalah media visualisasi bagi user atau bisa diartikan layar display yang menggunakkan 2 layer material yang dipolarisasi dengan cairan crystal. Banyak sekali jenis-jenis dari LCD yang digunakan dalam dunia elektronika dan handphone. Tetapi dalam hal ini pokok bahasan pada LCD di handphone. Antara lain :

§ STN (Super Twisted Nematic)

STN menggunakkan lebih sedikit energi dan lebih murah dibandingkan teknologi TFT, tetapi dengan konsekuensi image quality dan waktu response yang lebih rendah. Disebut sebagai Passive Matrix. Pada awal munculnya banyak jenis handphone yang menggunakkan layar display jenis ini.

§ CSTN (Color Super Twisted Nematic)

CSTN merupakan tipe perbaikan dari STN, dimana CSTN memiliki respon waktu yang lebih baik dan ketajaman warna yang lebih baik dan ketajaman warna yang lebih baik dibanding STN, hampir mendekati kualitas TFT. Disebut sebagai New Technologies of Passive Matrix.

§ TFT (Thin Film Transistor)

Jika dibandingkan dengan teknologi LCD yang lainnya, layar TFT memiliki keunggulan di image quality dan respon waktu yang paling baik. Yang menjadi masalah adalah layar jenis ini membutuhkan energi yang sangat besar dan lebih mahal harganya. Disebut sebagai Active Matrix.

§ UFB (Ultra Fine & Bright)

Dimana UFB membutuhkan lebih sedikit energi, dibandingkan TFT dengan kemampuan pencahayaan yang lebih terang dibandingkan STN. Handphone yang menggunakkan LCD jenis ini biasanya lebih tipis dibandingkan tipe handphone yang menggunakkan LCD jenis lain. Ini dikarenakan UFB hanya setebal kurang lebih 2,2 mm.

§ TFD (Thin Film Diode)

Cairan Crystal yang dikontrol oleh dioda, dengan pengaturan seperti cara kerja switch.

§ OLED (Organic Light Emitting Diode)

Display OLED menggunakkan senyawa organic yang mengeluarkan cahaya saat diberi arus listrik. OLED lebih terang, memiliki kontras yang lebih baik, dengan sudut pandang yang lebih lebar, konsumsi daya lebih sedikit, dan waktu respon yang lebih singkat dibandingkan LCD. Layar OLED juga sepertiga kali lebih tipis dari LCD, karena tidak membutuhkan backlight, dan membuatnya cocok untuk perangkat elektronik portable.

Semoga bermanfaat ...


0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa