Custom Search

Keyboard Konektor

Keyboard PC AT dikoneksikan ke peralatan eksternal dengan menggunakan empat kabel. Kabel-kabel ini ditunjukkan pada gambar dibawah untuk 5 Pin DIN Male Plug dan PS/2 Plug


5 Pin DINKeterangan
1. KBD Clock
2. KBD Data
3. N/C
4. GND
5. +5V (VCC)


PS/2
Keterangan
1. KBD Clock
2. GND
3. KBD Data
4. N/C
5. +5V (VCC)
6. N/C

Keyboard PC AT dikoneksikan ke peralatan eksternal dengan menggunakan empat kabel. Kabel-kabel ini ditunjukkan pada gambar dibawah untuk 5 Pin DIN Male Plug dan PS/2 Plug.

Kedua KBD Clock dan KBD Data adalah open kolektor dengan sifat I/O bidirectional. Sehingga bila dikehendaki Host ( mikrokontroler ) dapat melakukan pembacaan pada keyboard dengan menggunakan jalur-jalur ini

Keyboard bebas untuk mengirimkan data ke host ketika jalur KBD Data dan KBD Clock pada keadaan high ( idle ). Jalur KBD Clock dapat digunakan untuk sebagai jalur Clear to Send. Jika host menerima jalur KBD Clock low, keyboard akan menyimpan sebarang data sampai KBD Clock dilepas atau berada pada logika high.

Pada proses pengiriman data dari keyboard ke host, dilakukan dalam format 11 bit. Bit pertama adalah bit Start ( logika 0 ) diikuti oleh 8 bit data ( pertama bit LSB ), 1 bit parity ( odd parity ) dan satu bit stop ( logika 1 ). Setiap bit harus dibaca pada transisi negatif dari clock.


Bentuk gelombang diatas mewakili satu byte transmisi dari keyboard. Pada umumnya KBD Data hanya valid pada saat transisi negatif dari sinyal clock sebagaimana ditunjukkan pada gambar diatas. Frekuensi dari sinyal clock pada umumnya berada dalam jangkauan 20 sampai dengan 30 kHz.

0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa