Custom Search

7.3. BEREMULASI RIA DENGAN EMULATOR 8051

Emulator 8051 merupakan salah satu software yang cukup ampuh untuk mempelajari perilaku mikrokontroler pada keluarga MCS-51, berikut register, port, dan timer. Berikut merupakan tutorial bagiamana menjalankan Emulator 8051.

1. Open Program dari start pada sistem operasi windows anda, pilih program Emulator MCS-51


Gambar 2.18. Letak program Emulator 8051


2. Pada tampilan awal emulator 8051 maka akan tampak beberapa windows yang mencerminkan kondisi dari mikrokontroler pada saat ini. Windows yang paling sering digunakan pada emulator ini adalah sebagai berikut :

. Window Register:

Pada windows ini kita dapat mengamati beberapa register utama yang sering digunakan antara lain Register R0 s/d R7, PSW, DPTR, Accumulator, Register B dll.

b. Window SFR: SFR ( special function register ) merupakan register-register yang digunakan untuk konfigurasi berbagai fasilitas yang ada pada mikrokontroler keluarga MCS-51, antara lain. P0, P1,P2,P3, Timer0, Timer1, TMOD, IE, IP dll.
c. RAM internal RAM internal




Gambar 1.17. Tampilan awal program emulator 8051

3. File yang dapat diemulasikan oleh emulator 8051 adalah file dengan ekstension *.HEX. Pilih menu utama File pada pilihan Pop up menu pilih Load Hex File, sehingga akan didapatkan tampilan sebagai berikut.



4. Klik pada pilihan browse yang ditandai (.....) carilah lokasi file dengan ekstension *.Hex yang akan diemulasikan. Berikut merupakan contoh file Hex untuk menghidupkan LED. Nama file LED1.HEX ( file dengan ekstension HEX ini dapat anda peroleh setelah anda melakukan proses kompilasi file teks ke OBJ-HEX.

5. Untuk mengetahui hasil pada setiap baris instruksi assembly, tekan F11 dan lakukan pengamatan untuk beberapa register yang terkait. Pada langkah ke 4, perhatikan window source code dan SFR. Setelah dilakukan eksekusi baris program maka akan didapatkan hasil sebagai berikut:


Tampak pada window SFR port P0 mengalami perubahan, sebelum dilakukan eksekusi Register P0 berisi data FFh, setelah dieksekusi menghasilkan data 0Fh sesuai dengan baris instruksi assembly yang diberikan.

0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa