7.2. COMPILER ASSEMBLY 8051

Bahasa program assembly yang anda ketik pada editor Edit atau Notepad masih berupa file TEXT dengan ekstension *.H51, sudah pasti file ini belum siap untuk didownload ke mikrokontroler, sehingga membutuhkan konverter dari text ke object untuk mengubah dari kode mnemonic ke file object. Demikian pula file object harus dikonversi ke file dengan ekstension *.HEX, agar dapat didownload ke mikrokontroler. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah KLIK pada shortcut Compiler Assembly 8051 pada desktop komputer, dan akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Gambar 7.2. Tampilan Dekstop PC menu Compiler 8051 dan ATMEL ISP

Gambar 7.3. Tampilan compiler mikrokontroler 8051

Pada menu utama tersebut dapat anda saksikan, beberapa huruf shortcut, yang digunakan untuk memilih menu. Pada menu utama tersebut anda tidak perlu menggunakan semuanya, yang anda perlu perhatikan adalah:

L ( Load File ) : untuk mengambil file yang sudah pernah disimpan sebelumnya

M ( MCS51 Run) : untuk compilasi file dari ekstension *.H51 ke file dengan

ekstension *.OBJ

O ( Obj to Hex ) : menu untuk compilasi dari file Object ke Hex

D ( eDitor ) : menu untuk editing program assembly yang akan direncanakan.



Gambar 7.4. Menu utama File pada Editor Edit


Pada menu utama tersebut terdapat beberapa submenu. New merupakan submenu untuk pembuatan file teks yang baru. Open digunakan untuk membuka file teks yang sudah pernah dibuat atau disimpan. Exit, keluar dari editor


Sekarang coba anda buat program sederhana berikut ini pada editor teks seperti yang dijelaskan pada gambar 7.3.

;Contoh program pertama anda

Org 0h

Start: Mov A,P1

Sjmp Start

End



Gambar 7.5. Menu utama File pada Editor Edit

Setelah anda selesai menuliskan program tersebut maka lakukan penyimpanan file, jangan pernah lupa bahwa ekstension dari file ini adalah *.H51. Sebagaimana ditunjukkan pada gambar 7.5.

Gambar 7.6. Penyimpanan file dengan ekstension H51

Setelah anda selesai membuat program dan menyimpan dengan ekstension H51 maka, segeralah keluar dari editor ini. Sehingga akan dimunculkan sekali-lagi menu utama dari compiler 8051. Seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.2.


Setelah anda selesai membuat program pada editor EDIT maka lakukan kompilasi assembly dari file ekstensi H51 menjadi file ekstensi OBJ dengan menekan keyboard M, sehingga akan muncul kolom isian nama file yang akan dikompilasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.7.

Gambar 7.6. Input nama file H51 yang akan dikompilasi ke file OBJ


Klik Enter maka anda akan menemui tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.7. Pada proses compilasi ini, akan ditunjukkan apakah file editor anda ada kesalahan atau tidak, bila ada kesalahan mnemonic atau instruksi maka akan ditunjukkan kesalahan dan pada baris berapa, dan bila ada kesalahan jangan coba-coba untuk diteruskan untuk kompilasi ke HEX ( sangat dilarang ). Bila tidak ada kesalahan maka tekan tombol ENTER.



Gambar 7.7. Tampilan keberhasilan kompilasi ke File OBJ


Bila anda berhasil melakukan kompilasi file ke OBJ maka Tekan tombol O untuk kompilasi dari file OBJ ke file HEX, seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.8




Gambar 7.8. Input file OBJ yang akan dikompilasi ke file HEX


Bila kompilasi anda berhasil, maka tidak akan muncul komentar kesalahan, seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.9




Gambar 7.9. Display kompilasi file OBJ ke file HEX


Bila anda telah selesai melakukan kompilasi sampai ke file HEX maka anda dapat melihat jumlah memori yang digunakan pada mikrokontroller. Dengan melihat file ekstension LST, anda dapat mencoba membuka file coba1.LST dengan cara open file seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.10.

Gambar 7.10. Display kompilasi file OBJ ke file HEX

Pada gambar 7.11 dapat ditunjukkan jumlah memori program yang akan digunakan bila anda download file HEX ini ke mikrokontroller. Tampak pada lokasi memori pada kolom paling kiri, menunjukkan jumlah lokasi yang diperlukan oleh mikrokontroler, yaitu lokasi 0000 h s/d 0003 h.

Gambar 7.11. Display kompilasi file OBJ ke file HEX

Selamat Mencoba !

Post a Comment

0 Comments