Custom Search

Bab II Set Instruksi

2.1. Bahasa Assembly 8051

Bahasa assembly merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah, yang berarti mendekati dengan kode-kode mesin. Bahasa assembly untuk setiap mikroprosessor yang berbeda akan membawa instruksi yang berbeda pula. Contoh bahasa assembly intel 8086, 8085, motoral, mikrokontroler 8051 dsb.

Contoh listing program dibawah ini dapat anda tulis dengan perangkat lunak teks editor yang ringan seperti Notepad, atau Edi pada DOS


Label -> Start
Mnemonic
-> Mov

Operand 1 -> P1

Operand 2 -> A

Komentar -> pindahkan isi akumulator ke P1



Aplikasinya :


Start: Mov P1, A; pindahkan isi akumulator ke P1

Sjmp Start

End


LABEL

Dalam pembuatan suatu program kadang kala kita harus melakukan suatu lompatan kesana kemari, untuk melakukan perulangan instruksi yang sama.Contoh pada listing tersebut adalah LABEL Start. Dengan instruksi Sjmp Start maka program akan berulang kembali ke label Start, sehingga program akan mengalami LOOPING FOREVER.

MNEMONIC

Mnemonic yang umum juga disebut sebagai kode operasi ( Opcode ) merupakan kode-kode yang akan dikerjakan oleh program assembler yang dijalankan pada komputer. Mnemonic ini merupakan standart yang dibawa oleh setiap mikroprosessor atau mikrokontroler. Contoh untuk keluarga MCS51 digunakan MOVX, MOV, ADD, SUBB dll.

OPERAND

Operand merupakan pelengkap dari mnemonic, jumlah operand yang dibutuhkan untuk setiap mnemonic tidak selalu sama, dapat memiliki tiga, dua, satu atau bahkan tidak sama sekali.

KOMENTAR

Bagian komentar tidak mutlak ada dalam penulisan pemrogram assembly, komentar ini biasanya digunakan untuk membantu pemrogram menjelaskan maksud dari instruksi program.


Gambar 2.1. Bagan diagram pemrosessan kode assembly ke mikrokontroler


0 comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Artikel yang serupa